Jumat, 30 September 2011

Perkembangan Mikroprocessor VIA


Via Coorporation
Sejarah  
Didirikan di Fremont, California, Amerika Serikat pada tahun 1987 kemudian pada 1992 markasnya pindah  ke Taipei, Taiwan.  pada tahun 1999 Akuisisi divisi Cyrix dan Centaur mikroprosesor kemudian pada  2002 mendirikan VIA Divisi Platform Solusi untuk membawa ke pasar motherboard VIA
dan VIA Telecom, Inc dari akuisisi divisi desain CDMA dari LSI Logic.

Perkembangan Processor VIA


1.     VIA Prosesor Quadcore
VIA prosesor quadcore mempunyai fitur  sangat optimal untuk menghemat  hemat energi multi-core arsitektur yang memberikan performa yang mengagumkan  untuk browsing multi-tasking, pemutaran multimedia, produktivitas dan internet.

 
2.       VIA Nano X2 E-Series
VIA Nano X2 E-Series menggabungkan prosesor, pengoptimalan daya yang efisien arsitektur dual-core dengan kinerja canggih untuk 64-bit yang paling menuntut aplikasi sistem x86 terpasang design.

3.       VIA Nano Prosesor X2
VIA Nano prosesor X2 memanfaatkan dual-core, 64-bit, arsitektur daya rendah untuk menyediakan cutting edge multi-thread kinerja dalam  daya efisien termal tanda tangan, solusi ideal untuk desain dioptimalkan  PC saat ini.


  4.      VIA Eden X2 prosesor.
VIA Eden X2 prosesor menggabungkan tanda tangan 'Eden' prinsip-prinsip desain tanpa kipas di 64-bit, sangat optimal daya yang efisien arsitektur dual-core, menjamin stabilitas rock-solid tanpa mengorbankan kinerja atau fitur.


5.                                                   5. VIA Nano Prosesor L-Series
VIA Nano prosesor L-series adalah kinerja, daya tinggi prosesor yang efisien line-up yang bertujuan merevitalisasi pasar PC tradisional, memberikan perhitungan maju dan terkemuka kinerja per watt pada generasi baru desktop dan notebook dioptimalkan.




6.       VIA Nano U Series
VIA Nano U series adalah berbagai daya ultra efisien prosesor ultra tegangan rendah ditargetkan pada generasi berikutnya dari faktor bentuk desktop kecil dan ultra mobile perangkat seperti mini-catatan, menyediakan semua kinerja dengan daya yang sangat rendah menarik untuk baterai diperpanjang kehidupan.

          7.       VIA Prosesor PV530

VIA prosesor PV530 adalah daya prosesor yang rendah yang sangat optimal, yang dirancang untuk membawa pengalaman komputasi seimbang hemat energi dan ramah lingkungan untuk pasar negara berkembang di seluruh dunia.




                8. Via A C7 ®-M prosesor
 
A C7 ®-M prosesor mobile memperpanjang daya hidup baterai dalam, paket kecil sangat efisien NanoBGA2 untuk memungkinkan cahaya generasi berikutnya, ramping, notebook sangat portabel yang aman dan ultra.


    9.       VIA C7 ®-D Prosesor
VIA C7 ®-D prosesor desktop pertama karbon dunia komputasi komponen gratis yang bentara era baru dalam komputasi ramah lingkungan desktop komersial.






    10.  VIA C7 ® Prosesor
VIA C7 ® prosesor yang dirancang untuk sistem energi yang lebih kecil, lebih tenang, lebih ringan, lebih efisien x86 dari sebelumnya, termasuk berbagai perangkat embedded.








 
    11.    VIA Eden Prosesor
VIA Eden prosesor adalah prosesor terkecil, paling kuat dan paling aman x86 tanpa kipas di pasar, dengan industri terkemuka efisiensi daya dan disipasi panas, scalable sampai dengan 1.5GHz dalam amplop daya maksimum hanya 7.5W.
Memiliki tegangan ultra rendah (ULV) SKU untuk ultra perangkat embedded dan baterai-didorong kompak.





 
   12.  Corefusion VIA ™ Platform Processor
CoreFusion VIA ™ Platform Processor VIA terbukti menggabungkan inti prosesor dengan kaya fitur-VIA solusi IGP Jembatan Utara logika inti dalam satu paket, tunggal kompak, daya rendah, memungkinkan desain yang inovatif tertanam tanpa kompromi pada kinerja sistem atau keandalan.




   13.  VIA C3 ® Prosesor
VIA C3 ® prosesor dalam paket BGA ditargetkan khusus pada low profile dan desain sistem yang tenang, terutama untuk pasar negara berkembang.





 Cyrix/Via Corporation merupakan salah satu pengembang mikoprosesor yang didirikan pada tahun 1988 di Richardson, didirikan oleh mantan anggota staf Texas Instrumen (TI) yaitu Jerry Rogers . Cyrix bergabung dengan National Semiconductor pada tanggal 11 November 1997
1.      Cyrix FasMath
Produk Cyrix pertama untuk pasar komputer pribadi adalah x87 yang kompatibel terhadap FPU coprosesor. Kemudian muncul Cyrix FasMath 83D87 dan 83S87 yang diperkenalkan pada tahun 1989. FasMath merupakan produk yang dibuat oleh Cyrix untuk menyaingi intel 80387 dengan performa 50% lebih baik. Kemudian Cyrix mengembangkan Cyrix FasMath 82S87 yang dikembangkan dari Cyrix 83D87 pada tahun 1991.
2.      Cyrix 486SLC dan Cyrix 486DLC
Pada tahun 1992 Cyrix mengeluarkan produk baru yang diberi nama 486SLC dan 486DLC yang mana pin dari kedua produk tersebut, masing-masing kompatibel dengan 386SX dan DX. Pada chip tersebut juga ditambahkan L1 cache on-chip dan set instruksi 486.
3.      Cyrix 5×86
Pada tahun 1995 Cyrix merilis Cx5x86 yang dipasang pada soket 486, prosesor ini memiliki kecepatan 100, 120 atau 133 MHz dan menghasilkan kinerja yang sebanding dengan Pentium yang berkecepatan 75 MHz.
4.      Cyrix 6×86 (M1)
Setelah itu, Cyrix merilis chip yang diketahui sebagai chip terbaik yang pernah mereka buat, yaitu 6×86 (M1). Kemudian prosesor ini diberi nama P-166+ yang menunjukkan bahwa kinerja P-166+ lebih baik daripada prosesor Pentium 166MHz.
5.      Cyrix MII
Kemudian Cyrix merilis 6x86L dan 6x86MX. 6x86L merupakan 6×86 yang direvisi sehingga prosesor ini hanya membutuhkan sedikit daya, sedangkan pada 6x86MX (M2) ditambahkan instruksi MMX dan L1 cache yang lebih besar. 
6.      Cyrix MediaGX
Pada tahun 1996 Cyrix merilis CPU MediaGX, yang mengintegrasikan semua komponen diskrit utama dari PC, termasuk suara dan video ke dalam satu chip. Prosesor ini berbasis pada teknologi 5×86 yang sudah tua, prosesor ini berjalan pada 120 atau 133 MHz. Versi terakhir dari MediaGX ini dapat berjalan dengan kecepatan yang mencapai 333 MHz.
7.      Cyrix MII-433GP
Mikroprosesor Cyrix yang terakhir adalah Cyrix MII-433GP yang memiliki kecepatan 300 MHz (100×3) dan lebih cepat dari K6/2-300 AMD pada perhitungan FPU.


                        


    

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More